SMP NEGERI 5 PROBOLINGGO

Launching Dan Bedah Buku Karya Siswa - Siswi SMP Negeri 5 Probolinggo

AdminSMP5Prob

 

               Semuanya berawal dari satu tahun lalu, saat siswa-siswi yang tergabung dalam ekstra kurikuler Jurnalistik memulai menulis novel mereka. Hari ini (22/09/18) adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Mimpi menjadi penulis novel yang karyanya akan di launching di sebuah toko buku ternama di Kota Probolinggo. Disaksikan ratusan pasang mata secara langsung dan di-publish di media cetak dan daring. Mimpi yang awalnya hanya diyakini sebagian kecil diantara mereka akan benar-benar terwujud. Hingga akhirnya, semua menjadi kenyataan terindah dalam hidup mereka.

                Dari sebuah aktivitas kecil yang bernama ekstra kurikuler Jurnalistik, hari ini lahir lima belas penulis remaja. Dalam satu tahun terakhir ini kelimabelas anak tersebut menggoreskan imajinasinya dalam sebuah novel pertama mereka. Sebuah kerja keras yang patut diapresiasi, apapun bentuk dan hasilnya. Dari kelima belas karya yang akan di bedah hari ini diantaranya novel berjudul “Gusar Kebisuan” karya Retnaning Dwi Wulandari, “Ku Ingin Seperti Dulu” karya Wahyu Tiara Kusuma Devi, “Family” karya Yusuf Yuaniar, “Under The Sun” karya Rossa Febyola, dan “Senja Di Penghujung Waktu” karya Rana Salsabil. Mereka berlima duduk di kelas 9 dan mampu merampungkan novelnya hingga akhir cerita.

                Sedangkan kesepuluh penulis lainnya, karyanya dimasukkan dalam novel kompilasi karena belum sampai pada akhir cerita. Kesepuluh penulis tersebut adalah Putri Desfiryal, Alsyna Hana Salsabila Pradigta, Firza Widadun Nisriro, Nadia Nur Insani Taqwa, Izzah Rofiatun Nabila, Nadiva Shabrina Putri, Candra Wardani, Veronika Nur Hasyim, Himayatul Maghfiroh dan Amalia Nilam Cahyaning Auliya. Dua nama terakhir saat ini masih di kelas 8, sedangkan lainnya di kelas 9.

Diantara kesepuluh karya tersebut, ada satu judul yang istimewa yakni “Sahabat Dunia” karya Putri Desfiryal. “Sahabat Dunia” sekaligus menjadi nama baru bagi komunitas penulis di SMP Negeri 5 Probolinggo serta judul tema dalam bedah buku hari ini.

Dalam perjalanannya, Jurnalistik yang berpadu dengan KIR (Karya Ilmiah Remaja) menjadi Program Unggulan di SMP Negeri 5 Probolinggo sebagaimana telah dicanangkan oleh Dra. Subaidah, M.M., M.Pd selaku kepala sekolah. Sehingga kegiatan launching hari ini menjadi momentum bagi SMP Negeri 5 Probolinggo sebagai “Sekolah Jurnalistik”.

Satu anak tangga lagi yang akan ditempuh adalah mewujudkan mimpi menjadi penulis yang karyanya bisa diterbitkan oleh penerbit komersiil. Selamat bagi penulis-penulis muda berbakat atas launching karyanya, semoga hari ini menjadi langkah awal menuju kesuksesan yang lebih hebat di masa depan.

Ditulis oleh:

Sandi Purwanto

Pembimbing Ekskul Jurnalistik dan KIR

SMP Negeri 5 Probolinggo

WA: 085232262836

Email: [email protected]

Back to top